From the blog

15 Tahun Setia Pakai Intel, Pencipta Linux Kini Beralih ke AMD

Jujur.net – Linux Kernel 5.7 RC7 baru saja rilis pada 24 Mei 2020 lalu. Bersamaan dengan rilisnya kernel terbaru tersebut, pencipta sistem operasi Linux, yaitu Linus Torvalds mengumumkan bahwa ia tidak lagi menggunakan CPU Intel.

“Hal paling seru pada minggu ini untuk saya adalah saya baru memperbarui mesin utama saya, dan untuk pertama kalinya dalam sekitar 15 tahun, desktop saya tak berbasis Intel,” tulis Torvalds, dikutip dari Techspot, Selasa (26/5).

Setelah 15 tahun menggunakan CPU Intel, Torvalds kini memperbarui dan mengganti CPU Intel-nya dengan menggunakan AMD Threadripper 3970x.

“Kini saya menggunakan AMD Threadripper 3970x,” lanjutnya.

AMD Ryzen Threadripper 3970x

Meski tak mengungkap CPU Intel seri apa yang digunakan Torvalds sebelumnya, Ia mengatakan bahwa PC-nya sekarang menjadi tiga kali lebih kencang dibandingkan sebelumnya.

“Test build ‘allmodconfig’ yang dilakukan kini tiga kali lebih kencang daripada sebelumnya,” ungkap penemu kernel Linux ini.

AMD Ryzen Threadripper 3970x sendiri adalah prosesor 7nm yang memiliki 32 core dan 64 thread, serta cache L3 dengan kapasitas 128MB.

Ryzen Threadripper 3970x mempunyai clock speed dasar 3,7 GHz dengan boost yang mencapai 4,5 GHz

Torvalds sempat menyinggung tentang gear ARM yang belum digunakannya. Dari kalimatnya, bisa ditarik kesimpulan bahwa akan ada kemungkingan Torvalds menggunakan prosesor ARM nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten terlindungi !!