From the blog

Axiata Dikabarkan Ingin Akuisisi Operator Seluler di RI, Siapa Targetnya?

Jujur.net – Perusahaan telekomunikasi asal Malaysia, Axiata Group Bhd dilaporkan tengah menjajaki pembicaraan untuk mengakuisisi salah satu operator seluler di Indonesia yang memiliki skala lebih kecil dari segi bisnis dan jumlah pelanggan.

Dilansir dari Reuters, upaya tersebut dilakukan untuk memangkas biaya di tengah persaingan bisnis telekomunikasi yang ketat. Rencana akuisisi juga dipercepat saat ekonomi global dilanda pandemi COVID-19.

Sayangnya tidak disebutkan operator mana yang akan dicaplok. Dalam bisnis telekomunikasi di Indonesia, operator seluler Telkomsel dan anak usaha Axiata, yakni XL Axiata, adalah dua pemain terbesar berdasarkan jumlah pelanggan. Sementara di bawah keduanya ada Indosat Ooredoo, Hutchison Tri (3) Indonesia, dan Smartfren.

“Kecuali untuk pemain terbesar, saya bisa katakan bahwa saat ini kami tengah berbicara dengan semua pihak untuk semacam pengaturan (penjajakan kesepakatan bisnis),” kata CEO Axiata Jamaludin Ibrahim, sebagaimana dikutip dari Reuters, Rabu (27/5/2020).

Cuma Mau Akuisisi Satu Operator
Jamaludin juga menegaskan, pihaknya tidak berencana mengakuisisi dua operator telekomunikasi Indonesia, melainkan hanya satu.

“Saya tidak memiliki bayangan untuk membeli dua (operator),” katanya.

Sekadar informasi, dari segi kapitalisasi pasar, PT Indosat memiliki Rp 10,68 triliun. PT Smartfren memiliki nilai pasar Rp 21 triliun. Sayangnya Tri Indonesia tidak menyebutkan berapa kapitalisasi pasarnya.

Jamaludin mengatakan, grup Axiata sendiri memiliki kapitalisasi pasar sekitar USD 8 miliar atau setara Rp 118 triliun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten terlindungi !!