From the blog

Laporan Hasil Streaming Video di Indonesia, Peringkat Satu Kota Sorong

Jujur.net – Opensignal, perusahaan analisis seluler independen khusus pengukuran jaringan seluler, baru-baru ini merilis hasil kualitas streaming video dari beberapa daerah di Indonesia.

Hasilnya cukup mengejutkan karena Ibu Kota Jakarta tidak masuk ke dalam 20 besar. Berada di peringkat ke-28, Jakarta dikalahkan Bekasi yang berada di peringkat 19. Bekasi sendiri menjadi kota dengan nilai tertinggi di Pulau Jawa yakni sebesar 60,3.

Kota Sorong ternyata menjadi tempat ternyaman untuk melakukan streaming video yang mendapatkan skor 68,1 dengan kecepatan unduh rata-rata 19,2 Mb/s. Posisi kedua dengan skor 67,4 ditempati oleh Kota Ambon dengan kecepatan unduh rata-rata 17,9 Mb/s, dan disusul dengan Kota Jayapura dengan skor 65 dan kecepatan unduh rata-rata 17,3Mb/s.

Foto: Opensignal

Ketiganya mendapatkan kecepatan unduhan jauh diatas rata-rata kecepatan unduh nasional sebesar 9,8Mb/s.

Pengguna di 40 kota lainnya mengalami loading streaming cukup lambat pada resolusi rendah dan kebanyakan akan terhenti, terutama ketika akan streaming pada resolusi tinggi.

Survei ini dilakukan pada 44 kota besar di Indonesia mulai 1 Januari 2020 sampai 31 Maret 2020 lalu. Kualitas treaming video ini tentunya berkaitan dengan kecepatan internet, dimana semakin tinggi demand untuk melakukan streaming video, maka kualitas video akan diturunkan untuk memberikan akses kepada semua pengguna.

Meski begitu, secara keseluruhan, ada peningkatan yang berhasil dilakukan. Dalam laporan milik Opensignal sebelumnya, kecepatan pengguna internet hanya sekitar 7Mb/s-12 Mb/s. Kecepatan unggah juga meningkat dari 3,1Mb/s-5,9 Mb/s kini mencapai 4,0Mb/s-8,3Mb/s.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten terlindungi !!